RSS

belajar facebook

20 Mar

Namanya juga Facebook, fitur utamanya mestinya kalau tampang kita muncul di komunitas tersebut. Nah saya mau share tips nih, tentu saja buat yang belum tahu caranya. Hehehe, yang sudah tahu mohon pengertiannya ya :P (maksudnya satu guru satu ilmu, dilarang saling mengganggu).

CARA MEMPOSTING FOTO DI FACEBOOK

Buat apa posting foto di Facebook? Jawabannya banyak:

  1. Narcist, biar terkenal
  2. Untuk menghemat hard disk kita :D
  3. Untuk sharing pengalaman, mungkin kita sharing pengalaman ketika pergi ke Papua misalnya
  4. Untuk nyebar bukti korupsi seseorang :D (hehehe, sereeeem), misalnya buat dikirim ke KPK kemudian agar barang bukti itu tidak hilang disita. Mohon lakukan dengan bertanggung jawab ya :D
  5. Dll

Posting foto untuk Facebook mudah sekali. Caranya?

  1. Login dengan email dan password Anda.
  2. Klik tombol Photos. Perhatikan di sebelah kanan halaman utama Anda, Anda temukan kelompok Requests dan Applications. Nah, di kelompok Applications tersebut Anda bisa temukan tombol Photos.
  3. Jangan bingung, mungkin Anda mikir, “Lho siapa ini semua. Saya belum upload foto kok udah banyak banget nih foto?”. Tenang saja, itu foto teman-teman Anda. Klik My Photos, tepat di bawah Toolbar Facebook (berwarna biru tua).
  4. Anda bisa mulai membuat album foto baru dengan mengklik Create a Photo Album.
  5. Masukkan nama album foto Anda, lokasi (sepertinya Facebook berharap Anda mengelompokkan foto-foto Anda berdasarkan event atau peristiwa yang ingin Anda abadikan), deskripsi dan tentukan apakah Anda ingin menunjukkan album foto ini kepada semua orang, teman-teman Anda saja, temannya teman, atau yang lain.
    buat album foto di Facebook

    buat album foto di Facebook

  6. Upload foto yang Anda mau. Halaman ini memerlukan Java Runtime Environment. Jika Anda tidak memilikinya, sepertinya akan muncul pesan kegagalan di halaman ini. Jika Anda punya, mungkin Anda perlu menunggu beberapa saat sebelum Applet muncul dan meminta konfirmasi Anda karena Applet akan mengakses file di hard disk Anda. Jangan takut, toh verifikasi sertifikat digitalnya beres kan. Applet ini bisa dipercaya.
  7. Di sebelah kiri Anda bisa lihat directory tree (seperti pada Windows Explorer atau Nautilus), dan di sebelah kanan adalah thumbnail gambar-gambar di dalam direktori tersebut. Pilih saja foto yang ingin Anda upload, kemudian klik Upload.
  8. Tunggu sebentar, applet upload gambar akan muncul. Anda perlu menunggu sebentar hingga Facebook menerima semua file kiriman Anda.
  9. Selesai

Sebenarnya saya ingin menyelesaikan sampai point 10, supaya judulnya kedengarannya enak, “Posting foto untuk Facebook dalam 10 langkah mudah”. Yah, habis gimana, Facebook sudah enak banget sih.

Ok, gitu dulu ya. Selamat mencoba.

DASHBORD FACEBOOK

Facebook tampil dengan halaman  didominasi warna putih dan biru tua.

dashboard Facebook

dashboard Facebook

Di bagian atas halaman Facebook Anda terdapat beberapa tombol yaitu Home, Profile, Friends, Inbox, Setting dan Logout.

  1. Profile
    Anda dapat berpindah ke halaman Profile untuk mengubah Info pribadi Anda, upload foto profile Anda, share link, menambah foto atau video, juga menulis note (artikel).
  2. Friends
    Dari menu ini Anda bisa menampilkan daftar teman yang baru Anda tambahkan, atau semua teman Anda. Anda bisa juga mengundang teman Anda untuk bergabung di Facebook jika Anda tahu emailnya. Anda juga bisa mencari seorang teman Anda, jika teman Anda lebih dari 100 tentu sulit mencarinya satu persatu.
  3. Inbox
    Anda bisa mengirim pesan kepada teman-teman Anda. Dan jika teman Anda mengirim pesan kepada Anda, pesan itu akan masuk ke dalam Inbox. Anda bisa mengirim pesan kepada teman Anda melalui halaman milik teman Anda atau melalui halaman Inbox Anda, ada tombol Compose Message.
  4. Setting
    Apa yang bisa Anda setting? Coba saja!
  5. Logout
    Fungsinya sederhana: Logout (keluar)

Di bagian tengah halaman, Anda bisa melihat:

  1. Bagian kiri Anda adalah halaman utama Anda, mungkin berisi Wall Anda. Anda bisa melihat perubahan status semua teman Anda, komentar mereka kepada Anda, komentar-komentar antara teman-teman Anda, komentar teman Anda pada foto yang Anda muat, dll. Pokoknya semuanya yang dibutuhkan untuk jejaring sosial.
  2. Di bagian kanan Anda, daftar aplikasi Facebook dan People You May Know. Ini adalah fitur Facebook yang tidak saya temui di jejaring sosial lainnya. People You May Know akan menampilkan kenalan teman-teman Anda yang mungkin juga Anda kenal. Di sini mungkin Anda bisa temukan teman lama Anda yang mungkin Anda sudah lupa sama sekali. Pesan-pesan yang pernah Anda kirim juga akan terarsip di Sent Messages, begitu juga dengan Notifikasi dan Update.

Di bagian bawah ada Applications Bar, di bagian tersebut, Anda bisa:

  1. Melihat teman-teman Anda yang online (jika Anda klik salah satu, Anda bisa chatting dengannya)
  2. Melihat notifikasi tertentu, misalnya Anda mendapatkan friend request atau friend request (ajakan berteman) Anda diterima, ajakan untuk main game bersama, dll.
  3. Pindah ke halaman pengaturan foto Anda. Di sana Anda bisa menambah album foto
  4. Pindah ke halaman video. Di halaman tersebut Anda bisa melihat koleksi video Anda yang ada di Facebook (jika punya), berbagi video, mengirimkan video message ke teman, dan mengirimkan video Anda dari ponsel.
  5. Pindah ke halaman group, dimana Anda bisa meilhat dengan group apa saja Anda terdaftar. Minimal Anda terdaftar dalam group sekolah Anda. Di situ, Anda bisa juga mencari, browsing group atau membuat group baru.
  6. Pindah ke halaman event. Di sini Anda bisa melihat event-event yang mungkin perlu atau sudah Anda hadiri, event-event yang diikuti teman-teman Anda, juga ulang tahun kenalan Anda. Anda juga bisa membuat sendiri event Anda.
  7. Pindah ke halaman notes. Jika teman-teman Anda pernah menulis artikel dengan notes di Facebook, maka secara otomatis artikel teman-teman Anda akan tampil di halaman tersebut. Anda juga bisa menulis sebuah note (artikel) yang mungkin akan dibaca oleh seluruh teman Anda.
  8. Pindah ke halaman posted items. Dari sini Anda bisa melihat item apa saja yang sudah di-post oleh rekan-rekan Anda. Saat ini nampaknya item yang ada baru link atau bookmark, tapi mungkin ke depan Facebook akan mengembangkannya untuk sharing hal lain.

Nah, tentu saja saya tidak bisa menggambarkan semua fitur Facebook. Tapi percaya deh, semakin banyak Anda tahu fiturnya Anda akan semakin penasaran.

BAGAIMANA MENDAFTAR FACEBOOK

Jutaan orang sudah menjadi member dan aktif di FaceBook. Jejaring sosial ini sudah jauh mengalahkan pendahulunya, Friendster dan MySpace. Anda ingin bergabung tapi belum tahu caranya?

halaman pendaftaran Facebook

halaman pendaftaran Facebook

Mudah sekali bergabung dengan Facebook, yang Anda butuhkan hanyalah:

  1. Nama lengkap (saya rasa semua orang punya)
  2. Email (mudah sekali membuatnya)
  3. Password yang harus Anda hafalkan. Untuk keamanan saya sarankan password minimal 8 karakter campuran huruf dan angka, tetapi harus cukup mudah untuk Anda hafal. Sebaiknya juga bukan tanggal lahir atau nama pacar Anda
  4. Jenis kelamin (tentu saja Anda punya, tetapi banci tidak termasuk, harus pilih pria atau wanita)
  5. Tanggal lahir (kalau tidak tahu ya ngarang aja)

Buka alamat ini: www.facebook.com. Anda akan diminta mengisikan data-data yang saya sebutkan di atas. Sebenarnya sih bukan data sebenarnya juga tidak masalah, tetapi Anda akan rugi karena nantinya teman-teman Anda sulit mengenali Anda. Setelah Anda isi semua data tersebut, klik tombol Sign Up, Anda akan diminta untuk memasukkan 2 kata yang ada pada gambar yang disediakan. Ini hanya untuk keamanan, Facebook ingin tahu, Anda manusia sungguhan atau bohong (tentu saja sungguhan, tetapi kenyataannya ada juga software yang bisa mendaftar secara otomatis, Facebook tidak mau ini terjadi). Maka masukkan saja 2 kata tersebut, tidak akan berpengaruh pada data Anda nantinya.

Berikutnya buka email yang Anda daftarkan sebagai email Anda. Di sana, Anda akan temukan email yang dikirim oleh Facebook dengan topik Facebook Registration Confirmation. Baca email tersebut. Contohnya seperti ini:

Hey Amri,

You recently registered for Facebook.  To complete your Facebook
 registration, follow this link: 

http://www.facebook.com/c.php?code=917558***&email=amri.shodiq%40yahoo.co.id

Facebook helps you communicate and stay in touch with all of your
 friends. Once you join Facebook, you'll be able to share photos, plan
 events, and more.

Thanks,
The Facebook Team

Yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mengklik link yang ada di email tersebut (warnanya biasanya biru). Link tersebut akan mengantar Anda ke langkah pendaftaran berikutnya. Langkah ini adalah Facebook akan mencarikan untuk Anda siapa saja yang mungkin adalah teman Anda dari address book yang ada di email Anda. Bagaimana Facebook bisa mengambil ini address book Anda? Saya sendiri juga tidak tahu, Facebook hanya meminta password email Anda. Ini dia masalahnya. Jika email ini tidak mengandung informasi rahasia Anda, maka langkah ini tidak masalah, tetapi jika ini adalah email kantor misalnya, tentunya ada beberapa hal yang tidak boleh di share. Solusinya ada 2:

  1. Anda lewati saja langkah ini, kemudian Anda bisa mencari teman-teman Anda secara manual.
  2. Masukkan password Anda dan biarkan Facebook mencarikan teman-teman Anda. Jika Facebook sudah selesai dan menemukan beberapa teman Anda, ganti password email Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pilihan ke dua dan mengklik tombolnya, Facebook akan memindahkan Anda ke halaman login email Anda. Anda login ke dalam email tersebut. Ini cukup mengherankan karena Yahoo (di mana saya punya email) kemudian meminta izin Anda untuk mengijinkan Facebook membaca address book saya. Gimana ya caranya? Klik saja Saya Setuju.

Sampai di sini, kita akan kembali ke Facebook  dan melihat bahwa Facebook telah menemukan beberapa rekan kita yang tersimpan di dalam address book kita dan juga terdaftar di Facebook. Baik, kita klik Select All Friend (karena kita ingin menambahkan mereka semua menjadi teman kita di Facebook), lalu klik tombol Add as Friends.

canggih, Facebook nemuin teman dari address book saya

canggih, Facebook nemuin teman dari address book saya

Berikutnya Facebook juga akan menampilkan isi address book kita yang belum terdaftar di Facebook. Facebook menawarkan apakah kita akan mengundang mereka supaya bergabung juga ke dalam Facebook. Kita pilih beberapa rekan yang ingin kita undang, kemudian klik tombol Invite to Join.

undang juga teman-teman Anda

undang juga teman-teman Anda

Berikutnya Anda akan diminta mengisikan informasi sekolah dan perusahaan Anda. Facebook mencoba mencarikan anggotanya yang mungkin pernah Anda kenal di sekolah dulu atau pernah kerja di perusahaan yang sama. Uniknya, jika Anda sempat sekolah di sekolah populer, Facebook akan langsung menampilkan pilihan ketika Anda misalnya memasukkan Tarun, maka akan muncuk Taruna Nusantara Senior High School (wuih Facebook tahu saya pernah sekolah di sana), hebaaat. Klik tombol untuk lanjut.

Di langkah kedua ini, Facebook akan menampilkan foto-foto membernya yang pernah sekolah atau bekerja di tempat yang sama dengan Anda. Banyak sedikitnya bergantung pada seberapa banyak teman-teman Anda yang sudah tergabung dengan Facebook. Fitur inilah yang tidak kita dapati di Social Network lain, dan inilah kelebihan Facebook. Klik Add as Friends.

Langkah berikutnya adalah, temukan teman-teman se-kota Anda. Nantinya Anda akan tergabung ke dalam jaringan kota Anda. Misalnya saya memasukkan Jakarta (padahal saya ada di Depok) supaya teman jadi lebih banyak. Klik Join.

Selesai sudah pendaftaran Facebook Anda.

akhirnya, halaman utama Facebook Anda

akhirnya, halaman utama Facebook Anda

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 Maret 2009 in ILMU KOMPUTER

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: